Kelompok KARYA MANDIRI

Berawal dari kunjungan lapangan dari Dinas Peternakan dan Perikanan yaitu Ir. Yetty beserta dua orang stafnya ke wilayah Dusun Ciherang, bertemu dengan ketua RW 1 Dusun Singkup dan para pembudidaya ikan lele yang belum tergabung dalam suatu kelompok memperbincangkan tentang kondisi perikanan pada saat itu. Mulai dari prosfektif perikanan khususnya ikan lele hingga upaya dalam peningkatan SDM pembudidaya. Kesimpulan dari kunjungan lapang tersebut yaitu membentuk suatu Kelompok Pembudidaya Perikanan (POKDAKAN).

Selang beberapa hari dari kunjungan lapangan tepatnya pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2007 dibentuklah kelompok pembudidaya di Dusun Singkup. Mulai dari pembentukan sampai dengan pemilihan ketua kelompok secara demokratis yang dihadiri oleh warga masyarakat Dusun Singkup, staf Dinas Peternakan dan Perikanan, para penyuluh yang pada saat itu dipimpin oleh Bapak Dedi Djunaedi, serta dari pihak UPTD Sumedang Kota. Kelompok ini diberi nama “Kelompok Pembudidaya Perikanan KARYA MANDIRI” yang dikukuhkan oleh kepala Desa Ciherang yaitu Bapak Yuseph Nugraha.

Nama KARYA MANDIRI dipilih berdasarkan pengertian bahwa masyarakat atau pengurus dengan anggotanya harus mampu berkreasi atau kreatif tanpa banyak mengandalkan orang lain. Bahkan anggota dan pengurus kelompok harus memiliki sikap untuk siap dibina sehingga mampu berkreasi memberdayakan perekonomian masyarakat khususnya kepala rumah tangga yang masih sangat produktif untuk berusaha sehingga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

Setelah satu bulan dibetuk kelompok KARYA MANDIRI, jumlah anggota mulai bertambah. Kegiatan kelompok dimulai dari usaha yang dikelola oleh bersama yaitu 10 kolam berukuran (5 x 3) meter sampai dengan kolam-kolam yang berada di pekarangan rumah masing-masing sebagai pemanfaatan lahan yang kosong, dengan ukuran kolam mulai dari (2 x 3) meter sampai dengan ukuran (2 x 4) meter yang terbuat dari anyaman bambu dengan pelastik.

Seiring semakin eksisnya kelompok, banyak tamu yang sering datang ke kelompok Karya Mandiri untuk sharing mengenai usaha pembenihan ikan lele. Hal tersebut menyebabkan semakin banyaknya masyarakat di sekitar Desa Ciherang bahkan di luar desa yang tertarik untuk membudidayakan ikan lele.


© 2012 Mina Tandang - Media Informasi Pembudidaya dan Pengolah Hasil Perikanan.

Didukung oleh Seputar Perikanan dan Blogger